Mengapa Herry IP Latih Ganda Campuran-

Herry Iman Pierngadi akhirnya angkat bicara setelah penunjukkannya sebagai pelatih ganda campuran yang baru. Dia mengaku tertantang dengan tawaran PBSI.

Hal itu disampaikan pelatih yang dijuluki Naga Api tersebut di sela-sela latihan di Pelatnas PBSI, Cipayung, pada Rabu (20/9/2023). Menurutnya, tawaran pertama dilakukan langsung oleh Ketua Harian PBSI Alex Tirta.

“Ya, saya dipanggil Pak Alex. Melalui keputusan pengurus, Pak Alex bilang saya ditunjuk, dipilih, karena saya paling senior di pelatihan PBSI, paling lama lah, paling pantes. Bilangnya begitu untuk merubah atau meningkatkan performa ganda campuran karena di ganda campuran belum ada pelatih yang cocok,” kata Herry kepada pewarta.

Saat itu, Herry IP memang tak langsung mengiyakan penunjukkan tersebut. Ia masih mempertimbangkan apakah menerima atau pindah dari PBSI.

“Terima atau pindah karena di luar kan banyak lamarannya. Yang paling kencang dari China, itu saya sampai dua kali ketemuan, diajak ngomong dan ditawari. Saya bilang, masih kontrak PBSI tak bisa. Mungkin kalau annti tak kontrak, memungkinkan. Saya jawabannya itu saja,” tuturnya.

“Akhirnya saya tetap pilih Merah-Putih walaupun tawarannya menggiurkan, tapi buat saya enggak semuanya berpatokan materi.”

Baca juga: Herry IP Kini Jadi Pelatih Ganda Campuran

Herry IP yang sebelumnya pernah membawa ganda putra merebut gelar juara dunia dan turnamen-turnamen bergengsi lainnya, mengatakan proses pertimbangannya memakan kira-kira kurang dari dua pekan, sampai akhirnya memilih melatih ganda campuran.

“Ya, Pak Alex bilang ini tantangan buat kamu. Saya juga mau buktikan. Di mana pun ditempatkan, saya berusaha semaksimal mungkin memberikan kontribusi kepelatihan saya, buat pelatnas khususnya dan Indonesia umumnya,” kata Herry yang sudah menjadi pelatih ganda putra sejak 1993 tersebut.

“Seminggu lebih lah, hampir dua pekan lah kurang sedikit (proses pertimbangan). Sebelum berangkat ke Kejuaraan Dunia. Jadi saat itu sudah pada tahu. Ya prosesnya enggak pendek. Tapi bagi saya, namanya seorang pelatih kalau menurut pengurus di sana lebih baik, ya saya terima. Tak masalah.”

Baca juga: Alasan PBSI Tunjuk Herry IP Latih Ganda Campuran

Bahkan menurut pengakuan pelatih berusia 61 tahun itu, sampai nyaris dua berjalan, ia tak mengalami masalah yang signifikan.

“Sampai hari ini saya jalani saya merasa nikmati. Tak ada kendala, tak ada problem,” Herry IP menandaskan.

(mcy/aff)