Archives Oktober 2024

Fabio Quartararo Pantang Stres walau Jeblok di MotoGP 2023

Prestasi Fabio Quartararo di MotoGP 2023 bisa dibilang jeblok. Meski begitu, El Diablo tidak merasa stres dengan hal tersebut.

Quartararo harus puas finis di posisi kesepuluh klasemen akhir MotoGP 2023. Rider tim Monster Energy Yamaha itu hanya mampu mengoleksi 172 poin sepanjang 20 race.

Dari 20 balapan, Quartararo hanya bisa naik podium tiga kali (semuanya P3) tanpa pernah memenangkan race. Dia juga cuma sekali mendapat medali perunggu dalam 19 sprint race.

Baca juga: Quartararo: Yamaha Masih Jauh dari Kata Memuaskan

Hasil ini jelas menjadi penurunan drastis buat Fabio Quartararo. FQ20 di musim sebelumnya merupakan penantang juara hingga akhirnya harus mengakui keunggulan rival utamanya, Francesco Bagnaia.

Quartararo tak menampik dirinya tampil tak cukup baik sepanjang gelaran MotoGP 2023. Kendati demikian, rider 24 tahun itu merasa lebih lepas dari stres yang dialaminya di tahun-tahun sebelumnya ketika bersaing demi gelar juara.

“Sejujurnya, tiga hingga empat tahun terakhir jauh lebih menegangkan bagi saya. Ketika Anda berada di peringkat 1 dan 2, stresnya jauh lebih besar,” kata Quartararo, dilansir dari Speedweek.

Baca juga: Quartararo Tak Setuju Sprint Race Digelar di Setiap Seri MotoGP

[Gambas:Twitter]

“Sekarang ini bukan tentang apa pun, saya hanya berusaha melakukan yang terbaik dan mendapatkan hasil terbaik. Tentu saja Anda selalu sedikit gugup sebelum dan di awal, tapi saya juga tahu bahwa hasil buruk tidak akan mengubah hidup saya,” juara dunia MotoGP 2021 ini menambahkan.

“Dalam hal ini, tekanannya jauh lebih besar dalam beberapa tahun terakhir dan pada tahun 2020. Itu sebabnya saya rasa saya bukan orang yang tepat untuk ditanya tentang stres tambahan tersebut,” Fabio Quartararo mengungkapkan.

Baca juga: Fabio Quartararo Ingin Kembali ke Papan Atas Bersama Yamaha

(bay/nds)

Australia Open 2024- Zverev Depak Alcaraz, Jumpa Medvedev di Semifinal

Unggulan dua Carlos Alcaraz disingkirkan Alexander Zverev di perempatfinal Australia Open 2024. Selanjutnya, Zverev akan berjumpa unggulan tiga Daniil Medvedev.

Bertanding di Rod Laver Arena pada Rabu (24/1/2024) malam WIB, Zverev mengalahkan Alcaraz dalam duel empat set. Alcaraz, mantan petenis nomor satu dunia, membuat 45 unforced error sebelum kalah dengan skor akhir 1-6, 3-6, 7-6 (2), 4-6.

Zverev tampil dominan terutama di dua set pertama dengan pukulan-pukulan yang mendesak Alcaraz. Petenis Jerman unggulan enam itu mengaku kecolongan di set ketiga karena lengah usai di ambang kemenangan.

Baca juga: Tekad Petenis RI Aldila Sutjiadi Raih Grand Slam di Australia Open

“Aku tadi bermain melawan salah satu pemain terbaik di dunia. Selama dua tahun terakhir dia ‘kan menjadi petenis nomor satu dan nomor 2 berturut-turut. Dia sudah memenangi dua titel Grand Slam, dan ketika anda unggul 6-1, 6-3, anda mulai berpikir,” kata peraih medali emas Olimpiade Tokyo ini.

“Ketika anda sudah dekat dengan kemenangan, otak anda mulai bekerja dan itu tidak selalu membantu. Namun, aku senang aku bisa melewatinya. Aku melawan balik dengan baik di set keempat, dan menjaga momentum, dan aku sangat gembira bisa menyudahi pertandingan,” Zverev menambahkan dikutip dari laman ATP.

Big match lain akan tersaji di semifinal Australia Open 2024 ketika Zverev menantang Medvedev. Sebelumnya petenis Rusia ini lolos setelah memenangi duel lima set melawan Hubert Hurkacz 7-6 (4), 2-6, 6-3, 5-7, 6-4.

Baca juga: Australia Open 2024: Djokovic Kerja Keras, Naomi Osaka Langsung Out

Kedua petenis sudah bertemu sebanyak 18 kali sejak 2016. Zverev hanya menang tujuh kali, termasuk hanya satu kemenangan dan lima kali kalah dalam enam duel di sepanjang 2023.

Alexander Zverev sendiri mengincar titel Grand Slam pertama di dalam kariernya usai sekali menjadi runner-up di US Open 2020. Sementara itu Daniil Medvedev mencari titel Grand Slam keduanya usai juara di AS Terbuka, dan dua kali menjadi runner-up di Australia Open pada 2021-2022.

FPTI Ungkap Alasan Gelar Piala Dunia Panjat Tebing di GBK

Indonesia kembali menggelar ajang IFSC Climbing World Cup 2023 pada akhir pekan ini. Tak lagi digelar di kawasan SCBD, seri Piala Dunia yang hanya mempertandingkan kategori kecepatan akan bergulir di Lot 6 Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid mengungkapkan alasan di balik pemilihan kawasan venue tersebut lantaran mengikuti anjuran pemerintah, untuk menggelar kegiatan olahraga di GBK.

“Venue dipindah karena kami ikut arahan pemerintah yang menginginkan agar kegiatan olahraga dilakukan di GBK,” kata Yenny dalam jumpa persnya di Senayan, Jumat (5/5/2023).

“Tahun lalu (Piala Dunia 2022) kan justru kebalik, kita sudah siap di GBK, tapi ternyata pada saat yang sama, di lokasi tersebut ada pertunjukan musik, sehingga akan mengganggu konsentrasi pertandingan,” ujarnya.

“Jadi kita harus cari tempat baru. Untung ada pihak swasta yang meminjamkan tempat. Jadi tahun ini harus kembali ke arahan awal di GBK,” dia mempertegas.

Baca juga: Indonesia Turunkan 22 Atlet di Piala Dunia Panjat Tebing 2023

Tidak hanya perubahan lokasi venue, waktu pertandingan Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Jakarta juga berubah dari tahun lalu. Ajang itu akan dipertandingkan pada Sabtu (6/5) pukul 15.00 hingga 20.00 WIB untuk latihan dan kualifikasi. Sementara final berlangsung pukul 20.00 WIB. Pada IFSC Climbing World Cup 2022, kegiatan berlangsung siang hari.

“Kami tentu berdasarkan kordinasi dengan IFSC dan kejuaraan dunia ini selalu disiarkan ke seluruh dunia, serta menyesuaikan time zone yang berbeda-beda,” kata Yenny.

Hal serupa diungkapkan IFSC Event Organizer Alessandro Di Cato. Menurutnya, semua sudah dipertimbangkan dengan sebaik mungkin.

“Intinya kami selalu berusaha untuk mencari waktu terbaik dan ideal untuk semua. Dan yang kedua, bahwa memberikan kesempatan kepada negara tuan rumah untuk mendapatkan exposure masksimal. Kalau sehari kelar, kan exposure-nya sedikit dibandingkan dua hari,” tutur Alessandro.

(mcy/aff)

BNI Sirnas C Digelar di Sumsel, Ada yang Beda dari Gelaran Sebelumnya

Ajang bulutangkis BNI Sirkuit Nasional 2023 berlanjut ke Palembang, Sumatera Selatan. Ada BNI Sirnas C 2023, yang berbeda dari gelaran BNI Sirnas sebelumnya.

BNI Sirnas C Sumsel 2023 digelar di Gor Dempo Jakabaring Sport City, Palembang, selama enam hari mulai hari Senin (20/11) hingga Sabtu (25/11).

Ketua Pertandingan BNI Sirkuit Nasional C Sumsel Gunadi Tjikden mengatakan, BNI Sirkuit Nasional C tersebut untuk pertama kalinya digelar di Palembang, Sumatera Selatan.

Baca juga: Kalender BNI Sirkuit Nasional 2023, Kini Siap Main di Palembang

“Sebanyak 252 atlet dari 76 club ikut dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 600 juta dan medali emas, perak serta perunggu,” ujar Gunadi Tjikden, Senin (20/11/2033.)

Gunadi menambahkan bahwa semua persiapan kompetisi telah dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu. Mulai dari administrasi, atlet, hingga wasit, dan panitia pertandingan.

“Alhamdulillah persiapan matang sudah kita lakukan dan saya harapkan acara ini bisa sukses,” ujarnya.

Baca juga: Berkah BNI Sirnas Jakarta: GOR UNJ Ramai Terus, Dagangan Laris Manis!

Beda BNI Sirnas C dengan Seri Lainnya di Tahun 2023

BNI Sirnas C di Palembang ini berbeda dengan gelaran BNI sebelumnya yang menghadirkan aksi pebulutangkis-pebulutangkis muda dari pemula sampai remaja di kategori A dan B. Di BNI Sirnas C Sumsel 2023, yang bertanding adalah pebulutangkis dengan kategori Dewasa U-23, Dewasa Bebas, dan Veteran minimal usia 40 tahun.

“Kenapa di Palembang berbeda dari pertandingan BNI Sirkuit lainnya? Karena ini terobosan untuk merangsang bibit baru agar ikut bertanding,” kata Kabid Turnamen dan Perwasitan PP PBSI Mimi Irawan.

Baca juga: PBSI Proyeksikan BNI Sirnas Digelar di Kota-kota Destinasi Wisata

Ia menambahkan, BNI Sirnas C Sumsel 2023 di Palembang menghadirkan beberapa kategori pertandingan mulai dari usia 23 tahun hingga dewasa mulai dari tunggal putra dan putri, ganda putra putri, dan ganda campuran. Kemudian kategori bebas hingga usia dewasa. Selain itu terdapat juga kategori veteran usia minimal 40 tahun dan minimal 80 tahun.

“Kategori yang pertandingan mulai dari usia 23 Tahun hingga dewasa mulai dari tunggal putra dan putri dan ganda campuran, kategori bebas,” tuturnya.

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

(krs/yna)

Carolina Marin Cedera, Gregoria Dapat Perunggu Olimpiade Paris 2024

Carolina Marin retired di semifinal tunggal putri Olimpiade Paris 2024. Maka He Bingjiao ke final, Gregoria Mariska Tunjung dapat medali perunggu.

Semifinal tunggal putri badminton Olimpiade Paris 2024 menyajikan laga Carolina Marin vs He Bingjiao di Porte de La Chapelle Arena, Paris, Minggu (4/8) siang WIB. Sebelumnya, An Se-young memastikan diri ke final setelah mengalahkan Gregoria Mariska Tunjung dalam tiga set.

Baca juga: Gregoria Kandas di Semifinal, Takluk dari An Se-young

Carolina Marin sempat menangi gim pertama atas He Bingjiao 21-14. Di gim kedua saat sedang unggul 10-8, Marin alami cedera.

Marin tampak memegangi lututnya dan meringis kesakitan. Tak lama, juara Olimpiade Rio 2016 itu menyatakan retired.

Baca juga: Pelukan An Se-young buat Gregoria Mariska

Carloina Marin selanjutnya mundur juga di ajang perebutan perunggu kontra Gregoria Mariska Tunjung pada Senin (5/8) besok. Maka, Gregoria dipastikan meraih medali perunggu Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga badminton tunggal putri.

(aff/rin)

Diterpa Isu Gender, Imane Khelif Pastikan Medali Olimpiade 2024

Imane Khelif memastikan medali di Olimpiade 2024 Paris. Petinju wanita Aljazair itu meraihnya di tengan isu gender yang menyorotinya.

Imane Khelif memastikan medali, minimal perunggu, di nomor individu tinju wanita 66 kilogram Olimpiade 2024 di Paris. Sukses itu diraih usai mengalahkan petinju Hungaria, Anna Luca Hamori di perempatfinal, Minggu (4/7) dini hari WIB.

Imane Khelif menang dalam tiga ronde dari 5 juri di Olimpiade 2024 Paris. Alhasil, petinju 25 tahun itu maju ke semifinal, dan memastikan medali minimal perunggu.

Sukses itu diraih Imane Khelif, meski sempat diterpa isu gender. Sebelumnya, Ia mengalahkan petinju Italia, Angela Carini, di mana lawannya memilih mundur karena merasa tak sanggup melawan Khelif.

Mundurnya Carini membuat Imane Khelif disorot karena dianggap bukan petinju wanita sungguhan. Khelif memang punya masalah interseks yang membuatnya punya kromosom XY, sehingga testosteronnya cenderung mirip laki-laki.

Baca juga: Calon Lawan Imane Khelif Tak Peduli Isu Gender: Kalau Laki-laki, Bagus!

Kecaman kemudian datang, mendesak Imane Khelif mundur dari nomor putri Olimpiade 2024. Netizen beralasan Khelif sempat gagal tes gender di kejuaraan dunia tahun lalu, yang membuktikan tudingan bahwa dirinya seorang laki-laki. Komite Olimpiade Internasional (IOC) sendiri meloloskan Khelif dengan menegaskan sang petinju seorang wanita tulen.

Di tengah kontroversi itu, Imane Khelif tak mundur dan tetap bertarung di atas ring Olimpiade 2024. Sampai akhirnya, ia mengalahkan Anna Luca Hamori di perempatfinal dan maju ke semifinal, yang memastikannya medali minimal perunggu.

Selanjutnya, Imane Khelif akan melawan petinju Thailand, Janjaem Suwannapheng. Semifinal akan digelar di Roland Garros Stadium, Paris, Rabu (7/8/2024) dini hari WIB.

Baca juga: Olimpiade 2024: Carini Minta Maaf ke Imane Khelif

Bastianini Punya Memori Bagus di MotoGP Qatar, Semangat Tatap Musim Baru

Rider Ducati, Enea Bastianini, menegaskan akan gaspol di MotoGP Qatar 2024. Dia mempunyai memori bagus di Lusail.

MotoGP Qatar menjadi seri pembuka di MotoGP 2024. Race itu akan berlangsung pada 8-10 Maret 2024.

Dalam catatan daftar pemenang MotoGP Qatar, Bastianini pernah sekali menjadi juara. Dia memenangi race di Lusail pada 2022, saat itu masih memperkuat Gresini Racing.

Baca juga: Ducati Baru Akan Putuskan Tandem Bagnaia pada…

Dengan modal bagus itu, Bastianini pun berharap bisa kembali meraih hasil maksimal. Di Lusail musim lalu, rider dengan nomor 23 itu finis kedelapan.

“Akhirnya, kami kembali ke trek untuk pertama kalinya musim ini, dan saya sangat senang bisa start di Qatar, di mana saya mengamankan kemenangan pertama di MotoGP pada 2022,” kata Bastianini di Crash.

“Pada tes pramusim terakhir di Lusail, kami cepat dan kompetitif, jadi kondisinya menguntungkan untuk tampil bagus.”

Baca juga: Aprilia Pantau Bastianini

“Namun, balapan akhir pekan akan berbeda dengan saat tes. jadi kami harus tetap tenang. Kami akan bekerja keras dai babak pertama kickoff musim 20204 dengan sebaik-baiknya,” kata dia menambahkan.

Di MotoGP 2023, Bastianini cuma bisa menjadi juara sekali. Dia memenangi MotoGP Malaysia.

Bastianini sudah start sebanyak 49 kali di ajang MotoGP. Dia sudah bisa memetik kemenangan di kelas primer adu cepat kuda besi sebanyak lima kali.

Baca juga: Bastianini Pecahkan Rekor di Sepang, Masih Bisa Lebih Kencang Lagi

French Open 2023- Tembus Final, Djokovic Memburu Titel Grand Slam ke-23

Novak Djokovic sukses melangkah ke final French Open 2023, atau yang ketujuh dalam kariernya di turnamen tanah liat tersebut. Petenis 36 tahun asal Serbia itu kini berpeluang mencetak sejarah sebagai peraih gelar grand slam terbanyak di tunggal putra.

Berlangsung di Philippe-Chatrier, Jumat (9/6), Djokovic mengalahkan Carlos Alcaraz yang lebih muda 16 tahun darinya dengan skor 6-3, 5-7, 6-1, 6-1. Alcaraz sempat menerima perawatan karena kram, yang makin menyulitkan dirinya di dua set terakhir.

Bagi Djokovic, ini menjadi final grand slam ke-34 dalam kariernya, dan sejauh ini ia sudah meraih 22 gelar, setara dengan Rafael Nadal. Jika ia menang di partai puncak, maka ia akan memegang rekor tersebut sendirian.

Baca juga: Leganya Miyu Kato Jadi Juara French Open 2023 Usai Didiskualifikasi

“Jelas ini kemenangan besar dalam kondisi yang sedikit aneh, terutama di set ketiga dan keempat. Namun sekali menang tetap menang. Saya menempatkan diri saya dalam posisi ideal untuk menenangkan grand slam,” ujar Djokovic usai laga, dikutip Reuters.

“Inilah yang memotivasi saya ketika bangun pagi, berpikir tentang musim yang saya jalani dan berpikir mengenai apa yang ingin saya capai. Pikiran saya saat ini hanya memenangi grand slam berikutnya di hari Minggu, dan sudah semakin dekat.”

“Saya tahu itu, saya tahu perasaan ini. Saya pernah merasakan beberapa kali dalam karier saya. Jadi saya tahu saya perlu mengontrol diri, mengontrol emosi, mengontrol hari saya besok (Sabtu) dan lusa (Minggu), lalu menghadapi laga final dengan cara sebaik mungkin,” jelas pria kelahiran Belgrade itu.

Baca juga: French Open 2023: Swiatek Jumpa Muchova di Final

Di final, Djokovic akan menghadapi Casper Ruud yang menang meyakinkan atas Alexander Zverev 6-3, 6-4, 6-0. Ini menjadi final grand slam ketiga bagi petenis 24 tahun asal Norwegia itu, atau yang kedua di French Open. Bedanya, ia belum pernah juara.

Oleh sebab itu, tantangan bagi Djokovic tidaklah mudah. Ruud ingin pecah telur, menjadi petenis pertama dari negaranya yang menjadi juara di Roland Garros. Ia tidak mau berpikir terlalu banyak dan mencoba lebih santai jelang laga final.

“Tapi sekarang saya sudah di final. Dua pekan yang luar biasa, terlepas apa yang terjadi Minggu nanti. Saya tentu akan menampilkan yang terbaik, tetapi terkadang anda memainkan tenis dengan cara terbaik saat tidak berpikir terlalu banyak,” ujar Ruud.

“Seperti masuk ke dalam mode otomatis saja. Saya akan mencoba bermain dan tahu laga nanti akan berjalan lama, seperti maraton, dan bermain poin demi poin, mengerahkan seluruh kemampuan saya. Mari kita lihat nanti hasilnya,” jelas atlet 24 tahun itu.

Final tunggal putra French Open 2023 antara Novak Djokovic vs Casper Ruud akan berlangsung Minggu (11/6) pukul 20.00 WIB. Siapapun yang menang, yang jelas sejarah baru akan tercipta.

(adp/krs)

AJC 2023- Mutiara Juara!

Mutiara Ayu Puspitasari keluar sebagai juara tunggal putri Asia Junior Championships 2023. Mutiara meraih medali emas usai menang atas wakil Korea, Kim Min Ji.

Dalam pertandingan final tunggal putri AJC 2023 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (16/7) sore WIB, Mutiara menang dua gim langsung dengan skor 21-11, 21-17

Mutiara mengamankan gim pertama dengan skor 21-11. Kim banyak melakukan kesalahan sendiri yang memberi keuntungan untuk Mutiara.

Gim kedua berjalan cukup ketat. Mutiara yang sempat unggul kemudian dikejar oleh Kim sampai kedudukan imbang 10-10.

Mutiara unggul tipis 11-10 saat interval atas Kim. Usai interval, Mutiara sempat melaju dengan merebut tiga poin beruntun untuk melebarkan jarak dari Kim.

Sebuah kesalahan servis dari Kim memberi Mutiara keunggulan 16-12. Mutiara akhirnya menang 21-17 usai pukulannya ke arah baseline dinyatakan masuk.

Dengan demikian, Indonesia meraih satu medali emas dan dua medali perunggu dari nomor perorangan Asia Junior Championships 2023. Dua medali perunggu dipersembahkan oleh Alwi Farhan (tunggal putra) dan Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso (ganda putra).

(nds/krs)

Dua Kali Mau Balapan, Dua Kali Marc Marquez Mundur Duluan

Nahas buat Marc Marquez. Sudah dua kali berturut, rider Honda itu mundur dari MotoGP saat jelang balapan yang kini di MotoGP Belanda 2023.

Marc Marquez diumumkan mundur dari MotoGP Belanda 2023. Seperti diketahui, balapan seri kedelapan di MotoGP 2023 tersebut akan berlangsung pada Minggu (25/6) pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Marc Marquez: Bangun Pagi Ini, Badan Sakit Luar Biasa

Marc Marquez sedianya akan jalani balapan dari posisi ke-17. Apa daya, Marquez yang sempat jatuh di sesi kualifikasi 1, membuat dirinya akhirnya mundur.

“Marc Marquez (Repsol Honda Team) sudah dinyatakan tidak fit untuk balapan MotoGP Belanda hari Minggu di Assen karena patah tulang rusuk,” tulis pernyataan dari timnya.

“Juara dunia delapan kali mengalami cedera pada pergelangan kakinya, jempol kiri, dan rusuknya dalam crash yang terjadi pada saat MotoGP Jerman, yang merupakan GP kelimanya. Rusuk Marquez semakin parah,” sambung pernyataannya.

Baca juga: Marc Marquez Mundur dari MotoGP Belanda 2023

Hal itu merupakan ‘ulangan’ di MotoGP Jerman 2023 pada seminggu lalu. Saat itu, Marc Marquez juga mundur akibat crash dan tidak fit!

Saat itu, Marquez total lima kali jatuh sepanjang pekan sebelum balapan. Akhirnya, The Baby Alien tidak bisa lanjutkan untuk balapan.

“Saya tidak merasa siap untuk balapan,” ujarnya seperti dilansir dari situs resmi MotoGP.

Marc Marquez masih bercokol di peringkat ke-19 Klasemen MotoGP 2023 sementara. Marquez baru koleksi 15 poin dan belum pernah naik podium di tahun ini.

(aff/nds)

Atletik Indonesia Makin Mantap Menatap Asian Games

Training camp (TC) tim atletik Indonesia di Tianjin, China, berjalan baik selama 30 hari. Para atlet dan pelatih sudah siap menatap Asian Games.

Pemusatan latihan itu dimulai pada 15 Agustus 2023. Mereka berkomitmen penuh dalam mengoptimalkan setiap momen dan peluang yang ada demi memperoleh persiapan terbaik.

Ketua Umum PB PASI, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan kembali bahwa agenda semacam ini adalah waktu yang ideal untuk memaksimalkan persiapan tim atletik Indonesia.

Baca juga: Jelang Asian Games 2023, Cabor Atletik RI Dapat Dukungan

“Pada tiga puluh hari terakhir, kita melihat peningkatan persiapan yang sangat maksimal. Kami berharap dalam sisa waktu, intensitasnya akan terus meningkat, sehingga hasil dari TC ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya,” kata Luhut dalam keterangan pers.

PB PASI sedang menjalani kerja sama dengan PT Dexin Steel Indonesia. Keterlibatan perusahaan tersebut menegaskan tekad bersama untuk memajukan olahraga atletik di Indonesia dan mengembangkan potensi atlet-atlet muda.

“Dengan dukungan berbagai pihak, kami percaya bahwa tim atletik Indonesia telah melakukan persiapan terbaik. Kami sangat antusias menyaksikan semangat juang tinggi para atlet dalam Asian Games mendatang,” tegas Luhut.

Ada Jalan Sehat ‘Penuh Warna’ di Tangerang Bulan Depan

Lari dan jalan kini jadi cara termudah masyarakat untuk menjaga kesehatan. Maka ada ajang jalan sehat digelar di Gading Serpong bulan depan. Seperti apa?

Adalah PT Paramount Enterprise International (Paramount Enterprise) yang menggelar Paramount Color Walk 2023 dalam rangka merayakan ulang tahun ke-17 yang jatuh pada 18 Desember.

Kebetulan Color Walk 2023 ini merupakan salah satu agenda untuk memeriahkan acara ulang tahun itu sepanjang bulan. Selain itu ada corporate gathering, bazar, promo istimewa, dan beberapa acara lainnya. Jadi penggagas kegiatan itu adalah beberapa unit bisnis Paramount seperti Paramount Land, Bethsaida Hospital, Seraphim Medical Center, dan Parador Hotels & Resorts.

Kegiatan yang digelar pada 9 Desember ini ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan kebersamaan bagi Paramount Enterprise bersama warga Kota Gading Serpong dan masyarakat sekitar di Wilayah Kota Tangerang.

Acara jalan sehat ini dimulai pukul 6.00 pagi WIB sehingga selesai di Lapangan Pasar Modern Paramount dan terbuka untuk umum bagi seluruh warga masyarakat. Pendaftaran telah dibuka mulai 6 November hingga 1 Desember 2023 lewat daring dengan cara men-scan QR Code yg terdapat pada X-banner, flyer, billboard, dan spanduk yang berada di wilayah bisnis Paramount.

Peserta akan menyusuri rute sepanjang 7 KM dengan start dan finish di Lapangan Pasar Modern Paramount. Rute yang ditempuh mengelilingi sebagian besar Kota Gading Serpong (Bethsaida Hospital – Fame Hotel – ILLago – Menteng Village – Menaggio Village – Omaha Village – bundaran Matera Ballerina – Matera Residences – bundaran Alicante – Hampton Avenue – Bez Plaza – SOHO).

Baca juga: Lomba Lari Ini Ajak Peserta Olahraga Sambil Menabung untuk Haji

“PT Paramount Enterprise International (Paramount Enterprise) di usia yang ke-17 akan terus menebarkan semangat dan bergerak maju menyongsong masa depan yang lebih baik bersama Indonesia. 17 Tahun merupakan usia menuju kedewasaan dan kami ingin terus bergerak maju, meningkat, serta memberi dampak yang baik kepada masyarakat luas. Kami berpedoman pada motto Paramount Enterprise yaitu ‘Enriching Lives’, di mana perusahaan tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup konsumen dan masyarakat, serta memberi nilai tambah bagi pemangku kepentingan,” Presiden Direktur PT Paramount Enterprise International, M. Nawawi, dalam rilis kepada detikSport.

“Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan, mitra, konsumen, dan seluruh masyarakat atas dukungannya selama ini. Kami juga ingin mengajak seluruh masyarakat luas untuk meramaikan hari jadi Paramount Enterprise melalui Paramount Color Walk (PCW) 2023. Kegiatan ini akan menjadi ajang rekreasi dan kebersamaan warga Gading Serpong, masyarakat umum, dan karyawan Paramount Enterprise, sekaligus membangun iklim dan kebiasaan hidup sehat bagi masyarakat khususnya warga Paramount Gading Serpong.”

Acara ini juga akan dimeriahkan oleh artis papan atas yaitu GIGI, DJ Yasmin, marching band, beragam bazaar makanan, serta doorprize dengan total ratusan juta rupiah. Bagi Paramount Land, Color Walk ini diadakan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat terkhusus untuk para warganya.

“Paramount Land sebagai property arm Paramount Enterprise, secara khusus merayakan hari jadi Paramount Enterprise ke-17 dengan menghadirkan 17 produk properti unggulan di sepanjang tahun 2023, meliputi beragam produk properti baik hunian dan komersial yang sangat diminati masyarakat, seperti Matera Residences, Verona Junction, Calico Square (Paramount Petals), Vienna Grande, Fresco Parade, Sorrento Grande-West, Gardenia Plus (Paramount Petals), New Santa Anna, New Santa Monica, Menteng Studio Loft, Menteng Grand, Hampton Studio Loft-Hampton Square, Sorrento Grande East, Madison Grande (New Block), Maggiore Business Loft (New Type), dan Hudson Studio Loft. Beragam promo menarik juga dihadirkan melalui program penjualan Paramount EazyHome 2023 yang berlangsung hingga akhir Desember 2023,” papar Norman Daulay selaku Direktur Paramount Land.

“Sebagai bentuk persembahan kasih, Paramount Land juga mengadakan program CSR berupa pembagian sembako lebih dari 3.000 paket kepada pekerja lapangan dan sekuriti di lokasi proyek Paramount Land, serta warga yang berada di sekitar Paramount Gading Serpong, Paramount Petals, dan Paramount Village Semarang. Pemberian sembako secara simbolis dan prosesi pemotongan tumpeng akan menjadi bagian dalam rangkaian acara PCW 2023.”

Tertarik mengikutinya?

Baca juga: Lomba Lari Dihelat di BSD Bulan Oktober, Ada Nomor Unik

(mrp/bay)

Asian Games 2023- Desak Made Rita Kusuma Dewi Raih Medali Emas

Indonesia menambah medali emas di Asian Games 2023 lewat cabang olahraga panjat tebing. Desak Made Rita Kusuma Dewi jadi yang terbaik di nomor speed putri.

Dalam pertandingan di di Shaoxing Keqiao Yangshan Sport Climbing Centre, Selasa (3/10/1023), Desak Made Kusuma Dewi mencatatkan waktu 6,364 detik. Dia unggul tipis 0,0071 detik atas wakil China Lijuan Deng (6,435 detik).

Medali perunggu juga menjadi milik wakil Indonesia Rajiah Sallsabilah Ia mengalahkan wakil China Niu Di yang jatuh. Sallsabillah membukukan waktu 6,879 detik.

Baca juga: Asian Games 2023: Rahmat Erwin Sumbang Emas Kelima bagi Indonesia

Sementara itu di nomor speed putra, Veddriq Leonardo harus puas dengan raihan medali perunggu. Veddriq gagal ke final setelah sempat tergelincir di semifinal.

Dalam perebutan medali perunggu, Veddriq mengalahkan wakil China Wu Peng. Veddriq mencatatkan waktu 4,955 detik.

Sementara itu, medali emas diraih wakil Iran Ali Pour Shenazan. Sedangkan medali perak diraih wakil China Long Jinbao.

Kemenangan Desak membawa Indonesia ke peringkat 12 papan klasemen sementara Asian Games 2023. Merah-Putih mengoleksi enam emas, tiga perak, dan 13 medali perunggu.

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi Ukir Sejarah, Atlet Senam Indonesia Pertama ke Olimpiade

(mcy/nds)

Ajang Bulutangkis demi Penyaluran Bakat dan Pengembangan Karakter Anak

PB pendowo, salah satu klub peserta BNI Sirkuit Nasional (Sirnas) B Kalimantan Selatan 2023, menjadikan ajang bulutangkis bukan cuma sebagai penyaluran bakat. Karakter anak ikut dikembangkan.

BNI Sirnas 2023, yang kini memasuki seri keenam, digelar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada 25 Juni-1 Juli. Ajang bulutangkis berskala nasional yang menjadi ajang unjuk gigi para pebulutangkis muda potensial itu digelar di GOR Berkat Abadi.

Di BNI Sirnas B Kalsel 2023, para peserta kelompok usia dini (U-11), anak-anak (U-13), dan pemula (U-15) saling unjuk gigi. Salah satu klub yang mengirimnya anggotanya untuk berlaga di ajang ini adalah PB Pendowo, klub bulutangkis di Banjarbaru. Menurut Sam Renaldy, manajer PB Pendowo, ada 15 anak dari klubnya yang ikut serta.

Baca juga: Dampak Positif BNI Sirnas 2023 bagi Klub-klub di Daerah

Secara keseluruhan klub bulutangkis yang berdiri tahun 2021 itu saat ini memiliki sekitar 30 anak sebagai anggota. Mereka terdiri dari pra-usia dini, usia dini, anak-anak pemula, hingga remaja. Kesemuanya adalah anak-anak lokal.

“Semangatnya kita itu menyalurkan bakat anak-anak. Kita lihat itu pergaulan anak-anak di luar sana banyak yang enggak benarnya. Dengan di badminton ini, mereka mungkin lebih terarah, lebih termotivasi untuk menyalurkan nilai-nilai positifnya, bisa di bidang badminton,” kata Sam Renaldy.

Dengan mengarahkan bakat dan minat anak ke hal-hal positif seperti bulutangkis, kelak mereka juga diharapkan memiliki karakter kuat yang bisa menjadi modal ketika sudah dewasa.

Baca juga: BNI Sirnas B Banjarbaru: Alot, Arbain Vs Carmelo Tuntas dalam 78 Menit

“Karena nantinya output-nya mereka mungkin dewasa, nanti jika mereka masuk ke dunia kerja. Nah loyalitas mereka, disiplinnya, dan tepat waktunya terbentuk dari PB itu sendiri, dari latihan-latihan itu sendiri. Sehingga mereka bisa menghargai waktu, disiplin, dan loyalitasnya untuk di kehidupan nyatanya nanti,” tuturnya.

Sam Renaldy mengakui, harapan dan usaha itu tidak akan terwujud tanpa adanya kemauan dari si anak, plus kolaborasi antara klub bulutangkis dan orang tua anak bersangkutan. Hal itu turut menjadi tantangan.

“Kalau untuk challenge, yang pertama itu dari segi kesabaran. Kita harus ekstra karena kita membentuknya bulan dari anak-anak yang sudah jadi. Kita membentuk putra-putra daerah itu dari nol semua. Dari ngajarin mukul, dari mereka itu belajar ngangkat, sampai mereka diikutkan turnamen. Itu yang penting pertama adalah kesabaran.”

Baca juga: Imam Tohari, Kento Momota, dan Bakat Bulutangkis Indonesia

“Kemudian, yang kedua itu ya tadi ketelatenan. Bagaimana melihat dari kualitas anak tersebut, misalkan dia minatnya ke mana. Tergantung dari kualitas permainannya, dan juga dukungan orang tua juga harus selaras dengan jalannya visi misi klub kita, sehingga kolaborasi terbangun dari kesamaan persepsi antara orang tua dengan pengurus PB sendiri. Itu tantangan besar yang kita hadapi dan kita jalani semenjak PB ini berdiri pada 2021,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu, Sam Renaldy juga sempat mengutarakan antusiasmenya terhadap perhelatan BNI Sirnas B Kalsel 2023. “Alhamdulillah Sirnas datang ke daerah-daerah itu sangat membantu kita untuk mengikutsertakan atau tes anak-anak kita, sampai mana mentalitas mereka di kancah Sirnas.”

Ajang BNI Sirnas 2023 sendiri merupakan turnamen bulutangkis berskala nasional yang menjadi ajang unjuk gigi para pebulutangkis muda potensial. Gelaran itu sekaligus menjadi tolak ukur pembinaan bulutangkis nasional sekaligus ajang buat para atlet dalam menjaring poin nasional dan pematangan atlet-atlet muda potensial.

Baca juga: BNI Sirnas Ikut Jaring Bakat Terpendam Pebulutangkis Luar Jawa

Lewat BNI Sirnas 2023, para pebulutangkis muda Indonesia akan mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam usaha merintis jalan ke pelatnas PBSI sekaligus menjadi pemain top andalan Merah Putih di masa depan.

Ajang pencarian bibit muda bulutangkis ini didukung penuh oleh BNI. Sebagai salah bentuk komitmen untuk mempromosikan dan mempopulerkan BNI Sirkuit Nasional 2023, PP PBSI secara resmi juga bekerjasama dengan detikcom dan CNN Indonesia sebagai official media and broadcasting partner di semua seri BNI Sirnas 2023.

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

Akuatik Target Melampaui Dua Emas di SEA Games 2023

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI berharap dapat melampaui perolehan dua medali emas di SEA Games 2023 Kamboja.

Demikian disampaikan Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie, saat melepas tim akuatik Indonesia menuju SEA Games 2023 Kamboja.

PRSI tercatat mengirimkan 51 atlet untuk berlaga di tiga cabang olahraga yakni renang, polo air dan loncat indah dengan berkekuatan 51 atlet. Dengan rincian 24 atlet renang, 13 atlet polo air putra, 13 atlet polo air putri, serta satu atlet loncat indah.

Baca juga: Menpora Dito Sebut Target Peringkat Kedua SEA Games Masih Realistis

Dari jumlah itu, harapannya akuatik mampu melampaui capaian perolehan medali di SEA Games 2022 Vietnam yakni dua medali emas, tiga medali perak dan 10 medali perunggu.

Adapun dua emas tersebut dipersembahkan perenang Masniari Wolf di nomor punggung 50 meter putri, dan Flairene Candrea Wonomiharjo yang tampil di nomor perlombaan gaya punggung 100 meter.

“Yang paling penting dari pimpinan federasi yang paling penting adalah memberikan semangat kepada atlet. Dari sisi teknis tentunya manajer dan pelatih sudah menggembleng sedemikian rupa. Yang mereka butuhkan saat ini adalah support secara mental,” kata Anindya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/5/2023).

“Dan kami memberikan apresiasi kepada atlet dan pelatih untuk kerja kerasnya selama ini. Sekarang, adalah masa pembuktian supaya kita bisa menghasilkan lebih dari waktu-waktu sebelumnya,” lanjutnya.

Baca juga: Bawa 6 Nama Baru, Timnas Basket Tetap Yakin di SEA Games 2023

Hal itu pula yang meyakini Anindya terkait motivasi atletnya dalam meraih prestasi membanggakan.

“Saya melihat optimisme para atlet sangat besar dan tadi juga kami sampaikan yel-yel yakni berangkat jangan cemas, pulang bawa emas. Lalu juga ditambah lagi, berangkat penuh nyali, pulang bawa medali. Jadi mudah mudahan semua itu bisa menjadi kenyataan,” Anindya menjelaskan.

“Saya juga berterima kasih kepada atlet dan pelatih karena kita lihat pasca COVID-19 luar biasa semangatnya. Saya ingin mengucapkan selamat berjuang, Insya Allah saya akan hadir di salah satu pertandingan. Terima kasih kepada semuanya. Doa menyertai kalian semua,” Anindya menutup.

Akuatik Indonesia dijadwalkan berangkat ke Kamboja dalam beberapa tahapan. Cabor renang akan berangkat 4 dan 5 Mei 2023 untuk bertanding 6-11 Mei. Kemudian loncat indah diwakili satu atlet berangkat 6 Mei dan bertanding 8 dan 10 Mei. Lalu polo air putra dan putri berangkat pada 10 Mei dan akan bertanding 12-16 Mei 2023.

Baca juga: Balap Sepeda Indonesia Targetkan 4 Emas di SEA Games 2023 Kamboja

(mcy/aff)

Hasil NBA- Lakers Kembali Disikat Nuggets, Kini Tertinggal 0-3

Tren kemenangan Denver Nuggets terus berlanjut dengan menumbangkan tuan rumah Los Angeles Lakers 119-108 di gim ketiga Final Wilayah Barat NBA musim ini. Nikola Jokic dkk kini unggul 3-0, selangkah makin dekat menuju partai puncak.

Bermain di Staples Center, Minggu (21/5/2023) pagi WIB, Nuggets langsung tancap gas dengan memimpin 32-20 di kuarter pertama. Lakers bangkit mengejar di kuarter kedua dan berhasil menipiskan jarak hingga 55-58.

Kuarter ketiga berjalan kian sengit. Lakers sukses menyamakan skor 71-71 lewat tembakan tiga poin dari Austin Reaves, namun Nuggets kembali unggul 73-71 berkat tembakan Bruce Brown. Di akhir kuarter, Nuggets berhasil menjaga keunggulan 84-82.

Baca juga: Hasil NBA: Heat Kembali Tekuk Celtics, Kini Memimpin 2-0

Pada kuarter akhir, Lakers segera memimpin 85-84 berkat tiga poin dari Rui Hachimura, namun Jokic membalas menjadi 86-85. Kejar-kejaran poin terus terjadi hingga Lakers memimpin 94-93. Namun setelahnya, Nuggets mengambil momentum.

Jeff Green, Brown, dan Jamal Murray berturut-turut mencetak tiga angka, mengubah skor menjadi 102-94. Dari sini, Lakers tak bisa bangkit lagi. Mereka hanya bisa menipis jarak hingga 101-108, namun Nuggets segera menjauh hingga 119-106.

Tembakan dua angka Tony Brown mengubah skor menjadi 108-119 di sisa 30 detik, namun Nuggets sudah tak lagi terkejar. LeBron James yang duduk di bench meninggalkan venue beberapa detik sebelum buzzer berbunyi, skor tak lagi berubah hingga usai.

Baca juga: Hasil NBA: Nuggets Kembali Bungkam Lakers untuk Unggul 2-0

Murray menjadi penyumbang angka terbanyak dengan 37 poin. Jokic yang sempat kesulitan di awal laga juga berhasil mengemas 24 poin. Kentavious Caldwell-Pope mencetak 17 poin, disusul Brown (15 poin) dan Michael Porter (14 poin).

Sementara di kubu Lakers, Anthony Davis mencetak 28 poin, disusul James dan Reaves, masing-masing 23 poin. Hachimura mengoleksi 13 poin. Lainnya di bawah dua digit.

Gim keempat akan berlangsung di tempat yang sama pada Selasa (23/5) pukul 07.30 WIB. Nuggets berpeluang melakukan sapu bersih sekaligus melaju ke grand final NBA untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Sedangkan Lakers wajib memenangi gim keempat untuk memperpanjang napas, sekaligus berharap bisa melakukan upaya bangkit dramatis dan memaksakan duel hingga gim ketujuh, yang sebelumnya tak pernah terjadi sepanjang sejarah playoff NBA.

(adp/rin)

Buah Hati Kevin Sanjaya dan Valencia Lahir, Namanya Avery

Kabar bahagia telah menyelimuti pebulutangkis Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Valencia Tanoesoedibjo. Buah hati keduanya telah lahir pada Senin (8/1/2024).

Kakeknya, Hary Tanoesoedibjo, menginformasikan berita sukacita itu melalui media sosialnya.

“Cucu keempat kami: Avery Victoria Sukamuljo, putri yang lucu dari Valen dan Kevin. Lahir pagi tadi pukul 08.39 WIB, 8 Januari 2024,” tulis Hary.

Kelahiran putri dari Kevin dan Valen itu pun mendapatkan banyak ucapan, dari banyak pihak, termasuk PP PBSI, induk organisasi bulutangkis nasional.

“PBSI mengucapkan selamat dan turut berbahagia atas kelahiran putri pertama dari pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Valencia Tanoesoedibjo,” bunyi ucapan PBSI di media sosialnya.

Baca juga: Kevin Sanjaya Izin Absen dari Pelatnas, Jaga Istri Jelang Persalinan

[Gambas:Instagram]

Postingan PBSI juga mendapatkan banyak komentar dari fans Kevin.

“Welcome to the world baby Ava! Congratulation ko Vin & Ci Val! God bless ur little family,” tulis salah satu warganet @telenovellaa.

“Vin udak punya buntut ajah mpin, ayo mpin kek koh Sinyo, papah Vega, Papa Siwei kalau naik podium anaknya liat nanti,” ucap @sesiaurely.

Kevin secara resmi menikah dengan Valencia Tanoesoedibjo pada 23 Maret 2023 di Le Meurice Paris, Prancis.

Ia juga sempat dikabarkan meminta cuti dari latihan Pelatnas PBSI, lantaran sang istri, Valencia, akan melahirkan buah hati pertama mereka.

ANOC World Beach Games Bali 2023 Batal Digelar, KOI Minta Maaf

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) meminta maaf usai penyelenggaraan 2nd ANOC World Beach Games 2023 dipastikan gagal terlaksana di Bali. Mereka beralasan, keterbatasan waktu dalam proses administrasi birokrasi menjadi faktor keputusan diambil.

“Dengan berat hati, kami terpaksa mengumumkan 2nd ANOC World Beach Games Bali 2023 tidak dapat terlaksana. Kami menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada ANOC serta para Federasi Internasional, atlet dan segenap NOC yang sudah berjuang sejak proses kualifikasi,” ujar Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/7/2023).

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras selama masa persiapan,” sambungnya.

Baca juga: World Beach Games 2023 Batal di Bali, Pemerintah RI Disorot

Okto, sapaan Raja Sapta, menerangkan pemerintah Indonesia sejatinya telah menyetujui pembiayaan ANOC World Beach Games Bali 2023. Hanya saja, sistem mekanisme birokrasi anggaran sulit dilakukan mengingat sempitnya waktu yang dimiliki. Situasi dirasa kian sulit karena beberapa sponsor ANOC World Beach Games 2023 pun menyatakan mundur.

Sejak ditunjuk sebagai tuan rumah ANOC World Beach Games 2023, NOC Indonesia telah berupaya maksimal agar penyelenggaraan pesta olahraga pantai terbesar di dunia ini dapat terlaksana dengan sukses, mulai dari menyelenggarakan technical meeting dengan Federasi Internasional, Chef de Mission Seminar, dan kegiatan lainnya. Semua kegiatan tersebut dibiayai secara mandiri oleh NOC Indonesia.

“Kami hanya pelaksana, tetapi tepat hari ini, waktu yang kita miliki hanya 30 hari dan proses anggaran masih panjang. Pil pahit ini terpaksa kami telan karena dengan keterbatasan waktu, kami melihat sulit mempersiapkan multievent kelas dunia. Kami melihat minimnya waktu di tengah mekanisme penggunaan anggaran menjadi sangat berisiko dalam membuat multievent kelas dunia,” ujarnya.

“Sementara Indonesia telah menjadi tuan rumah yang luar biasa dengan menggelar Asian Games dan Asian Para Games. Ketika lebih banyak mudarat daripada manfaat maka yang harus dilakukan adalah menjaga marwah Indonesia,” kata Okto.

Baca juga: Menpora Bantah Anggaran Jadi Alasan Bali Batal Gelar World Beach Games

NOC Indonesia atau lebih karib dikenal KOI, lanjut Okto, tetap akan terus menjalin komunikasi intensif dengan ANOC dan stakeholder olahraga internasional terkait. Termasuk mengoptimalkan diplomasi dan negosiasi terkait adanya konsekuensi terkait adanya keputusan ini, termasuk adanya konsekuensi.

“Tentu ada konsekuensi. Kami masih berkomunikasi. Yang jelas, NOC Indonesia akan terus bekerja dan saat ini kami telah menggagendakan kegiatan yang bisa mendapatkan eksposure untuk olahraga indonesia,” jelas Okto.

Baca juga: World Beach Games 2023 yang Ujug-ujug Batal di Bali

(mcy/aff)

Harapan Greysia Polii- Ketum PBSI Tak Harus Pengusaha

Greysia Polii berharap Ketua Umum PP PBSI yang baru merupakan sosok yang punya hati dan komitmen bagi bulutangkis Indonesia. Tak harus pengusaha.

Seperti diketahui, PP PBSI akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Surabaya, 10-12 Agustus mendatang.

Agung Firman Sampurna yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PP PBSI periode 2020-2024 akan berakhir masa jabatannya di akhir tahun ini.

Maka dari itu, sesuai AD/ART, organisasi harus menyelenggarakan Munas untuk memilih Ketua Umum. Adapun syarat menjadi calon Ketum itu harus didukung oleh minimal 10 Pengprov, melalui dukungan tertulis yang ditandatangani oleh ketum dan sekretaris umum.

Baca juga: Cari Ketum Baru, PBSI Gelar Munas Agustus 2024

Sebagai eks atlet Pelatnas PBSI, Greysia Polii memiliki harapan khusus pada Ketua Umum PBSI yang terpilih saat Munas nanti meskipun tidak secara spesifik menunjuk sosoknya.

“Memang ekspektasi dari insan olahraga terutama bulutangkis dan masyarakat itu tinggi,” kata Greysia saat ditemui di Hockey Field, Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (22/6/2024).

“Jadi, saya yakin setiap ada pemilihan dan siapapun yang jadi nanti itu (pastinya) sudah mengorbankan waktu untuk memikirkan bagaimana caranya membuat bulutangkis tambah maju, konsisten, dan makin bagus. Jadi saya mendukung siapa pun itu,” ujarnya.

Baca juga: PBSI Bakal Gelar Munas, Fadil Imran Masuk Bursa Caketum

Keyakinan itu disampaikan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu karena ia sudah cukup kenyang berada di Pelatnas PBSI.

“Saya yakin karena saya sudah di Pelatnas dan berganti-ganti Ketum itu 4 atau 5 kali. Mereka punya spirit yang sama sewaktu mereka memimpin di bulutangkis karena memang tanggung jawabnya cukup besar juga dan pasti caranya berbeda sesuai keahliannya. Tapi itu bisa memajukan bulutangkis Indonesia,” katanya.

Lantas apakah harus dari kalangan pengusaha? Greysia Polii tak mewajibkan itu.

“Enggak (harus pengusaha). Siapapun yang punya hati. Selama berkomitmen dengan bulutangkis. Itu yang paling penting dan saya yakin yang terpilih itu mempunyai hati.”

“Kalau enggak ya enggak mungkin dia mau ada tanggung jawab satu lagi. Pasti siapapun yang terpilih punya hati yang baik untuk memajukan bulutangkis Indonesia,” ujarnya.

(mcy/aff)

Animo Kejuaraan Atletik Pelajar di Jakarta-Banten Meningkat

Animo peserta ajang kejuaraan atletik pelajar Champion SAC Indonesia2023 Kualifikasi Jakarta-Banten (Jakarta-Banten Qualifiers) meningkat memasuki musim kedua. Kenaikan jumlah peserta sebesar 68 persen dibandingkan musim pertama.

Dalam keterangan resmi SAC Indonesia, Sabtu (4/11/2023), sebanyak 4.520 pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat yang merupakan delegasi dari 360 sekolah tingkat kota/kabupaten di wilayah provinsi DKI Jakarta dan Banten ikut berpartisipasi.

“Kompetisi ini berhasil menarik minat kalangan pelajar untuk merasakan pengalaman berkompetisi di atletik. Semoga dapat rutin diselenggarakan tiap tahunnya. Agar bisa jadi tolok ukur bagi para pelajar dan pelatih untuk terus meningkatkan performa. Tidak ada kata lain kalau kita ingin memajukan pembinaan atletik itu harus dengan kompetisi,” kata Pengprov PASI DKI Jakarta, Mustara Musa, dalam keterangan resmi SAC Indonesia.

Jumlah tersebut meningkat drastis jika dibandingkan dengan musim pertama dengan jumlah peserta sebanyak 2.689 siswa dari 239 sekolah tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat yang mengirimkan delegasi pada DKI Jakarta-Banten Qualifiers.

Baca juga: Kejuaraan Atletik Pelajar di Kupang Tuntas

Ajang lomba tingkat pelajar itu akan memaksimalkan potensi dari para peserta agar ke depannya juga berimbas pada pembibitan atlet di cabang olahraga atletik.

Masih sama dengan musim sebelumnya, SAC Indonesia 2023 Jakarta-Banten Qualifiers mempertandingkan lima nomor perlombaan, yakni sprint, middle distance (lari jarak menengah), lari estafet, lompat jauh, dan tolak peluru. Untuk tingkat SD juga diperlombakan kids athletics.

Jakarta-Banten Qualifiers merupakan kualifikasi keempat dari serangkaian turnamen SAC Indonesia 2023. Tiga kualifikasi sebelumnya digelar di Medan (Sumatera Qualifiers), Bandung (West Java Qualifiers), Kupang (Bali-Nusra Qualifiers). Setelah ini, ada dua seri kualifikasi yang akan dilangsungkan yaitu di Semarang (Central Java Qualifiers) dan Surabaya (East Java Qualifiers).

SAC Indonesia merupakan agenda hasil kerja sama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu berhasil menggaet 31 ribu pelajar dari 2.000 lebih sekolah di Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional atau qualifiers dan dilanjutkan di National Championship.

Juara, runner-up, dan peringkat ketiga dari masing-masing nomor lomba tingkat SMA/sederajat dari babak regional qualifiers, akan dilombakan di tingkat nasional atau babak National Championship.

IBL Batal Pakai Venue FIBA World Cup 2023 untuk Seri ke-8

Rencana Indonesia Basketball League (IBL) menjajal stadion FIBA World Cup 2023, Indoor Multifunction Stadium (IMS), dipastikan batal. Salah satunya masalah administrasi serah terima venue.

Seperti diketahui, Panitia Pelaksana FIBA World Cup 2023 Indonesia sempat mengusulkan menggelar test event pada Juni dan Agustus mendatang untuk melakukan uji coba venue.

Test event pertama dijadwalkan 17-24 Juni, kemudian event kedua pada awal Agustus mendatang. Adapun test event pertama diusulkan karena tanggalnya sama dengan seri 8 IBL. Namun, rencana itu berpeluang besar tak bisa dilakukan.

“Memang rencananya kami akan ke sana (main di IMS). Kami sudah koordinasi tapi melihat waktu yang tersisa dan ini tinggal dua pekan lagi (menuju seri 8), belum memungkinkan. Sebab, prosesnya cukup panjang, di luar dari apa yang kami pikirkan,” kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah saat dihubungi pewarta, pada Kamis (1/6/2023).

Baca juga: FIBA World Cup 2023: Perbasi dan LOC Dapat Anggaran Rp 135 Miliar

Junas menjelaskan persoalan serah terima menjadi salah satu faktornya.

“Serah terima itu baru di awal Juni, sekitar tanggal 5 atau 6 Juni. Kami (semula) berpikir bisa pararel tapi ternyata secara administrasi butuh waktu lebih panjang,” ujarnya.

“Kalau serah terima teknis pendelegasian kewenangan. Tapi di luar itu kan aspeknya banyak, secara administrasi. Lalu kewenangan komersial, operasionalnya, jadi banyak. Sebetulnya kita bisa saja mengikuti itu tapi waktunya dikhawatirkan menghambat persiapan lain, terutama (kesiapan) tim-tim (IBL),” Junas mengungkapkan.

“Nah, kami enggak mau ada masalah di kemudian hari karena menyalahi aturan atau bagaimana. Jadi kami putuskan untuk seri delapan ke Britama Arena, Kelapa Gading,” kata Junas yang juga perwakilan Panitia Pelaksana FIBA World Cup 2023 Indonsia.

“Jadi kami bukan hanya melihat kesiapan untuk tanggal 17 Juni saja, atau seminggu sebelumnya. Tapi hotel, tiket dan lainnya. Jadi kami putuskan terbaik saat ini di Britama Arena,” dia mempertegas.

Baca juga: Venue FIBA World Cup Rampung Juni, Panpel Siapkan 2 Test Event

(mcy/aff)

IBL Gelar Turnamen All Indonesian 2024 Mulai 22 September

IBL menggelar turnamen All Indonesian 2024 mulai 22 September hingga 6 Oktober mendatang. Ajang ini hanya diikuti pemain-pemain lokal dari 14 tim.

Liga sendiri sudah melakukan undian yang digelar di FX Sudirman, pada Kamis (29/8/2024). Kegiatan dihadiri sejumlah perwakilan manajer dan pemain dari 14 tim peserta turnamen.

Adrian Ariez, Head of Marketing & Business Development IBL, mengatakan ajang ini adalah salah satu program menjelang musim kompetisi 2025.

“Jadi IBL All Indonesian 2024 ini, semua pemainnya adalah pemain lokal. Tidak seperti sebelumnya ada pemain asing. Kali ini pemain lokal, dan apabila ada pemain naturalisasi itu diizinkan. Tetapi harus dapat izin dulu PP Perbasi,” kata Adrian.

Baca juga: Pelita Jaya Juara IBL 2024, Akhiri Penantian 7 Tahun

Adrian mengatakan naturalisasi tetap masuk dalam turnamen karena kategorinya merupakan pemain lokal. Hanya saja, pemakaiannya dibatasi untuk satu pemain di tiap tim.

“Sejauh ini yang tercatat belum ada (didaftarkan oleh klub). Kami juga masih menunggu daftar roster,” ujarnya.

Meski diiikuti pemain-pemain lokal, Adrian meyakini atmosfer turnamen bakal ketat dan seru.

“Seharusnya ini akan lebih kompetitif karena tak ada pemain asingnya. Selain itu, dari klub juga ada yang sudah memulai latihannya, bahkan sudah dari bulan sebelumnya, karena memang kami sudah menginformasikannya sejak jauh-jauh hari,” kata Adrian.

Baca juga: Amartha Hangtuah Tetap Dilatih ‘Cacing’ Musim Depan

Sementara itu, pebasket Pelita Jaya Andakara Prastawa berharap adanya turnamen sebelum musim IBL ini dapat memberikan banyak kesempatan bagi pemain-pemain muda dalam minute bermainnya.

“Dengan adanya turnamen lokal ini saya harapkan pemain lokal khususnya pemain muda lebih bisa step up lagi. Lebih bisa menunjukan apa yang mereka punya saat ini setelah satu musim,” kata Prastawa.

“Seharusnya ini bagus banget buat pemain lokal tim di mana saja, bukan hanya Pelita Jaya. Jadi saya berharap sukses lah untuk semua tim di All Indonesian ini,” ujarnya.

Berikut Hasil Undian IBL All Indonesian 2024:

Grup A
Pasific Caesar Surabaya
Satria Muda
Kesatria Bengawan Solo
Satya Wacana Salatiga

Grup B

Rajawali Medan
Bima Perkasa Jogja
Rans Simba Bogor
Prawira Harum Bandung

Grup C

Dewa United Banten
Amartha Hangtuah Jakarta
Borneo Hornsbills

Grup D

Tangerang Hawks Basketball Club
Pelita Jaya Jakarta
Bali United Basketball.

(mcy/aff)

AJC 2023- Mutiara Samakan Kedudukan, Indonesia Vs Jepang 1-1

Tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari merinding usai mampu menyamakan kedudukan di final Kejuaraan Asia Beregu Junior 2023 antara Indonesia dengan Jepang. Ia menyebut dukungan suporter Indonesia di lapangan bikin dia termotivasi menang.

Pada pertandingan Badminton Asia Junior Championships 2023 (AJC 2023) yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta, pada Selasa (11/7/2023), Indonesia memang lebih dulu tertinggal 0-1 dari Jepang di babak final kejuaraan beregu campuran Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023.

Ganda campuran Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu kalah dari Daigo Tanioka/Maya Taguchi dengan skor 8-21, 20-22.

Beruntung, Mutiara yang tampil sebagai pemain kedua di partai puncak tersebut, mampu mengimbangi Tomoka Miyazaki dan menang dengan skor 21-17, 21-16.

Pada pertandingan ini, juara Indonesia International Series 2022 itu, mengaku termotivasi menghadapi Tomoka Miyazaki. Maklum tunggal putri asal Negeri Matahari Terbit itu berstatus sebagai juara BWF World Junior Championships 2022.

“Pertandingan yang sangat luar biasa. Atmosfer pertandingan final sangat terasa dan dukungan dari suporter turut membuat saya semangat,” ujar Mutiara dalam keterangan tertulisnya.

“Pastinya merinding karena bisa menyumbangkan poin buat Indonesia dan mengalahkan juara dunia junior. Saya sangat termotivasi dengan dua hal itu,” ungkap Mutiara.

Baca juga: Badminton Asia Junior Championships 2023: Tekad Mutiara dan Felisha

Mutiara mengaku sudah mengatahui kelemahan lawan sehingga di laga ini mampu mengatasi tunggal putri yang menduduki ranhking 116 dunia tersebut dalam tempo 46 menit.

“Saya sudah pernah bertemu dengan lawan sebelumnya. Saya mempelajari gaya bermain lawan dan mencoba mengantisipasi setiap serangan yang dilancarkan,” tambah juara Slovenia International 2021 tersebut.

Permainan Mutiara kian hari memang menanjak seusai di babak fase Grup A dia menelan kekalahan dari tunggal putri China, Xu Wen Jing, 12-21, 10-21. Ia bahkan sempat diistirahatkan di perempatfinal, sebelum kemudian di babak empat besar, Mutiara dimainkan lagi dan langsung menyumbangkan poin. Mutiara mampu mengalahkan tunggal putri Thailand, Saranporn Sombutwatthananukool dengan skor 17-21, 21-7, 21-18.

Hasil tersebut membuat Indonesia mengemas kemenangan dengan skor 3-0 atas Thailand dan lolos membawa Skuad Merah-Putih Muda melaju ke final.

“Saya termotivasi untuk menampilkan permainan terbaik. Ketika ada kritik dari warganet saya ingin memberikan bukti bahwa sektor tunggal putri Indonesia di level junior bisa berbicara banyak,” kata Mutiara.

Baca juga: Ranking Terbaru BWF: Jonatan Christie dan Apri/Fadia Merosot Lagi

(mcy/aff)

Hasil NBA All-Star 2024- Tim Giannis Kalahkan Tim LeBron

NBA All-Star 2024 tuntas digelar pada Senin (19/2). Giannis Antetokounmpo yang memimpin tim East, bungkam tim West yang dipimpin LeBron James.

NBA All-Star 2024 digelar di Gainbridge Fieldhouse, Indianapolis, AS. Starting tim East diisi oleh kapten Giannis Antetoukounmpo, Bam Adebayo, Tyrese Haliburton, Damian Lillard, dan Jayson Tatum.

Sementara starting tim West diisi oleh Luka Doncic, Kevin Durant, Sahi Gilgeous-Alexander, dan sang kapten LeBron James.

Khusus buat LeBron, dirinya mencatatkan rekor. LeBron sudah 20 kali terpilih sebagai pemain NBA All-Star melewati rekor Kareem Abdul-Jabbar (19 kali).

Baca juga: Prestasi Basket Putra Menurun, Perbasi: Bakal Ada Review Besar

Tim East mampu tampil galak per quarter. Mereka terus unggul, dibuka dengan 53-47 di awal quarter dan terus memimpin.

Hasil akhirnya mencolok, dengan skor 211-186 untuk kemenangan Giannis dkk. Ini kali pertama ajang NBA All-Star tembus 200 poin!

[Gambas:Instagram]

Tiga pemain tim East mencetak 30 poin dan lebih. Mereka adalah Damian Lillard (39 poin), Jaylen Brown (36 poin), dan Tyrese Haliburton (32 poin). Sedangkan Giannis, mampu kemas 23 poin.

Karl-Anthony Towns jadi andalan bagi tim West dengan 50 poin. Diikuti Shai Gilgeous-Alexander dengan 31 poin dan Kevin Durant dengan 18 poin. LeBron James cuma main selama 14 menit dan mendulang delapan poin.

(aff/krs)

Indonesia Open 2024- Gregoria Melaju ke Delapan Besar

Gregoria Mariska Tunjung melaju ke delapan besar Indonesia Open 2024 usai mengalahkan Supanida Katethong dari Thailand dengan skor 21-13, 21-15 dalam waktu 34 menit saja.

Bermain di Istora Gelora Bung Karno, Kamis (6/6), Gregoria langsung tancap gas dengan memimpin 7-2 di awal gim pertama. Ia kemudian melanjutkan dominasi dengan unggul 11-5 saat interval.

Selepas jeda, Katethong sempat mengejar Gregoria hingga 10-12, kemudian 11-13. Namun Gregoria sukses merebut tujuh poin beruntun untuk mencapai game point 20-11.

Drop shot Katethong sempat membuat skor menjadi 12-20, lalu menjadi 13-20 saat pukulannya masuk ke sudut kanan belakang area permainan Gregoria. Namun pukulan Katethong yang gagal melewati net memastikan Gregoria menang 21-13.

Pada gim kedua, pertandingan berjalan lebih alot. Gregoria sempat disamakan 5-5 oleh Katethong, lalu hanya unggul 11-9 saat interval. Namun Gregoria mampu mengatasi tekanan dan terus berada di depan hingga skor 13-10.

Pukulan Katethong yang keluar mengubah skor menjadi 14-10. Katethong menipiskan jarak menjadi 11-14 usai menuntaskan bola tanggung Gregoria. Smash Gregoria yang keluar membuat skor menjadi 12-14. Gregoria menebusnya dengan dua smash beruntun untuk menjauh 16-12.

Katethong yang pantang menyerah mendapat dua poin beruntun untuk mendekat 14-16, namun smash tajam Gregoria kembali mengubah skor menjadi 17-14, disusul pukulan ke badan Katethong yang gagal dikembalikan dengan sempurna oleh lawan. Skor menjadi 18-14.

Simak juga Video: Apri/Fadia Pede Lawan Malaysia di 16 Besar Indonesia Open 2024

[Gambas:Video 20detik]

Pada akhirnya, Katethong hanya mampu memberi perlawanan hingga 15-20, sebelum smash lurus Gregoria yang gagal dijangkau Katethong memastikan kemenangan 21-15.

Selanjutnya, Gregoria akan menghadapi unggulan keenam asal China, Wang Zhi Yi yang berhasil menyingkirkan Ester Nurumi Tri Wardoyo dengan skor 21-13, 21-13 di babak 16 besar.

(adp/krs)

Hong Kong Open 2024- Ginting Revans atas Toma, Maju ke 16 Besar

Anthony Sinisuka Ginting melaju ke babak kedua Hong Kong Open 2024. Ginting lolos usai menang atas Toma Junior Popov.

Dalam pertandingan di Hong Kong Coliseum, Rabu (11/9/2024) siang WIB, Ginting harus bertarung rubber game. Ginting akhirnya menang 21-9, 12-21, 21-10 atas pebulutangkis Prancis itu.

Ginting memulai gim pertama dengan baik. Ia unggul sejak awal dan memasuki interval dengan keunggulan 11-7.

Lima kesalahan beruntun dari Toma memberi Ginting keunggulan 16-7 usai interval. Ginting terus melaju dan mengamankan gim pertama 21-9.

Baca juga: Hong Kong Open 2024: Ana/Tiwi dan Komang Lolos ke 16 Besar

Pertandingan di gim kedua berjalan lebih ketat. Ginting yang sempat unggul 4-1 kemudian dikejar oleh Toma. Setelah imbang 10-10, Ginting mulai tertinggal dari Toma.

Ginting cukup sering melakukan kesalahan sendiri pada gim ini. Ginting akhirnya kehilangan gim kedua 12-21 setelah Toma merebut tujuh poin beruntun.

Ginting menunjukkan pertahanan yang bagus pada gim ketiga saat mendapat gempuran dari Toma. Ia pada akhirnya memenangi reli ini dengan menyambar bola tanggung untuk unggul 7-2.

Baca juga: Ana/Tiwi yang Lagi Pede Mulus ke 16 Besar Hong Kong Open 2024

Kesalahan beruntun dari Toma memberi Ginting keunggulan 11-2 saat interval. Selepas interval, Ginting tak memberi Toma kesempatan untuk berkembang dan melebarkan jarak jadi 16-2.

Ginting terus menjaga keunggulannya dan menang 21-10. Kemenangan ini jadi pembalasan Ginting atas kekalahan di Olimpiade 2024. Ginting kala itu dijegal Toma di laga terakhir fase grup dan gagal melangkah ke babak knockout.

Lolos ke babak kedua Hong Kong Open 2024, Anthony Sinisuka Ginting akan menghadapi pemenang dari pertandingan antara Chi Yu Jen (Chinese Taipei) dan Yushi Tanaka (Jepang).

Baca juga: Sabar/Reza Sedih Singkirkan Hendra/Ahsan di Hong Kong Open 2024

Jadwal Final BNI Sirnas B Kalsel 2023- Diawali Berlian Vs Divya

Ajang bulutangkis BNI Sirkuit Nasional (Sirnas) B Kalimantan Selatan 2023 di kota Banjarbaru mencapai puncaknya. Berikut jadwal rangkaian partai final, Sabtu (1/7).

GOR Berkat Abadi, tempat perhelatan BNI Sirnas B Kalsel 2023, bersiap menggelar rangkaian pertandingan final dari turnamen bulutangkis berskala nasional yang menjadi ajang unjuk gigi para pebulutangkis muda potensial tersebut mulai pukul 10.00 WIta. Seri keenam gelaran BNI Sirnas 2023 ini sendiri mempertandingkan kelompok usia dini (U-11), anak-anak (U-13), dan pemula (U-15).

Baca juga: Makin Seru Nonton BNI Sirnas B 2023 di Banjarbaru, Ada Hadiahnya!

Ada 10 nomor yang bakal dimainkan yakni Tunggal Anak-Anak Putra (TAPA), Tunggal Anak-Anak Putri (TAPI), Ganda Anak-Anak Putra (GAPA), Ganda Anak-Anak Putri (GAPI), Tunggal Pemula Putra (TPA), Tunggal Pemula Putri (TPI), Ganda Pemula Putra (GPA), Ganda Pemula Putri (GPI), Tunggal Usia Dini Putra (TUDA), dan Tunggal Usia Dini Putri (TUDI).

Total enam partai akan dimainkan di Court 1, yang juga TV Court. Sedangkan empat partai sisanya dimainkan di Court 2. Final di nomor Tunggal Anak-anak Putri antara Berlian Indah Pinastika melawan Divya Amanta Kuncoro akan mengawali rangkaian final hari ini.

Baca juga: BNI Sirnas B Kalsel 2023, Ini Hasil Semifinal Selengkapnya!

Jadwal Final BNI Sirkuit Nasional B Kalimantan Selatan 2023

TV Court – GOR Berkat Abadi (mulai pukul 10:00 WITa)

  • TAPI
    Berlian Indah Pinastika [1] vs Divya Amanta Kuncoro [2]
  • TAPA
    Anandirga Triadi [1] vs Antoine Akhzar Syihab [2]
  • TUDA
    Daniel Pradipta Zaen [3] vs Khoirul Dwi Fahmi
  • TPI
    Jihan Alya Ghisani [4] vs Joan Hana Sirait [3]
  • TPA
    Ghaisan Haidar Tsaqib [1] vs Rayhan Pandu Aksara [3]
  • GPI
    Aurellia Florenza Lumoindong/Azka Ghani Putri Wardhana vs Dzifana Andria Ramadani/Najwa Nindika Permana Putri [2]

Court 2 – GOR Berkat Abadi (mulai pukul 10:10 WITa)

  • TUDI
    Diajeng Putri Hartini [1] vs Mikha Ribka Kasalang [4]
  • GPA
    Muhammad Khosda Alfagan/Muhammad Lutfhi Habibi [1] vs Faza Iwadh Kurnia Ramdhan/Hazel Rizqi Prasetyo [2]
  • GAPI
    Berlian Indah Pinastika/Malika Nur Aqilah [1] vs Chintya Cahyaningtyas Ayu Widayat/Yemima Febryanti Wijaya
  • GAPA
    Muh. Faiz S. Musgamy/Muhammad Zulfaihza Mahendra [1] vs Anandirga Triadi/Richardo Regino Mozes Munde

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

(raw/krs)

Jadwal MotoGP Austria 2023- Sore Ini FP1 dan Malamnya Practice

MotoGP Austria 2023 akan berlangsung di akhir pekan ini. Jumat (18/8) ada sesi latihan bebas di sore hari dan practice di malam hari untuk tentukan posisi kualifikasi.

MotoGP Austria 2023 bakal main pada Minggu (20/8) pada malam hari. Mulai Jumat hari ini, akan digelar rangkaian latihan bebas, practice, babak kualifikasi, dan sprint race.

Baca juga: MotoGP 2023: Marc Marquez Nyerah dengan Motor Honda Musim Ini

Jumat (18/8), ada dua sesi yang akan digelar dalam rangkaian MotoGP Austria 2023. Pukul 15.45-16.30 WIB bakal berlangsung sesi latihan bebas (FP1). Kemudian di pukul 20.00-21.00 WIB bakal digelar sesi practice.

Perlu diingat, setelah jeda musim panas MotoGP berlakukan aturan baru. Cuma sesi practice yang akan dinilai untuk masuk hitungan seeding Q1/Q2, dengan 10 rider tercepat lolos langsung ke Q2.

Maka, sesi latihan bebas tidak lagi berpengaruh ke perhitungan untuk tentukan posisi di kualifikasi.

Baca juga: Quartararo Ultimatum Yamaha

Di Klasemen MotoGP 2023 sementara, Francesco Bagnaia masih jadi pemuncak klasemen dengan 214 poin. Pecco dibayangi oleh Jorge Martin dengan 173 poin dan Marco Bezzecchi dengan 167 poin.

Rider pabrikan Jepang masih kesulitan melesat ke papan atas. Yang terbaik, cuma Fabio Quartararo dari Yamaha terjebak di peringkat ke-11.

Baca juga: Bagnaia Pimpin Klasemen MotoGP 2023, Martin Kedua

Tahun lalu, Francesco Bagnaia jadi pemenang di MotoGP Austria. Quartararo mampu finis kedua, diikuti oleh Jack Miller.

Siapakah pemenangnya di tahun ini?

Jadwal MotoGP Austria 2023

Jumat (18/8)
15.45-16.30 WIB FP1
20.00-21.00 WIB Practice

Sabtu (19/8)
15.10-15.40 WIB FP2
15.50-16.05 WIB Q1
16.15-16.30 WIB Q2
20.00-20.25 WIB Sprint Race

Minggu (20/8)
14.45-14.55 WIB Warm-up
19.00 WIB Race.

(aff/cas)

Fajar Alfian dkk Resmi Jadi PNS Kemenpora

Fajar Alfian dkk. secara resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kepastian itu diperoleh setelah mereka mengambil sumpah di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Acara pengambilan sumpah PNS yang berlangsung pukul malam tersebut, dihadiri dipimpin langsung oleh Menpora Dito Ariotedjo, serta datang Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna, serta jajaran pejabat Kemenpora. Total ada 27 atlet dari lima cabang yakni tenis, wushu, angkat besi, senam, dan bulutangkis.

Atlet-atlet yang hadir dan diambil sumpahnya yaitu dari cabang bulutangkis terdiri dari Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Debby Susanto, Apriyani Rahayu, Ikhsan Maulana, dan Edi Subakhtiar.

Kemudian dari cabang senam ada Rifda Irfanalutfi, lalu atlet angkat besi Sri Wahyuni, serta satu atlet dari cabang wushu.

“Setelah penantian panjang dari 2019 akhirnya saudara saudari mendapatkan kesempatan pengambilan sumpah PNS di sela-sela kesibukan berlatih dan bertanding. Pengangkatan saudara saudari menjadi ASN ini merupakan bentuk perhatian dan reward dari pemerintah atas perjuangan dan keringat saudara saudari yang mengharumkan nama Indonesia di mata dunia,” kata Menpora Dito dalam sambutannya.

“Setelah jadi PNS saudara saudari tetap dapat menggunakan potensi dalam bidang olahraga seperti biasanya sebagai atlet. Saya berharap saudara saudari mengembangkan potensi dan kompentensi dan kinerja ASN yang menjadi tanggung jawab Anda di masa mendatang.”

Baca juga: Jadi PNS Kemenpora, Ni Nengah: Terima Kasih Pak Presiden

“Sekali lagi selamat kepada saudara saudari yang mengambil sumpah dan selamat bergabung di lingkungan Kemenpora,” ucapnya.

Sementara itu, Fajar Alfian mengaku senang atas pengambilan sumpah ASN ini. Dia berharap status ini bisa menjamin kehidupannya setelah pensiun sebagai atlet.

“Saya juga belum tahu (bakal seperti apa kerjanya) tapi PNS ini sangat berarti. Apalagi orang tua saya selalu mengidamkan saya menjadi PNS, sebelum menjadi atlet. Jadi Alhamdulillah sih,” tutur Fajar.

“Ya kerja sudah ada bayangan karena tak selama jadi atlet. Ada masa-masa transisi berpindah cabang, tapi satu sisi juga kita sekarang mau fokus jadi atlet. Ini menjadi bekal saja,” Fajar mempertegas.

“Harapannya semoga bermanfaat di masa tua nanti. Perhatian pemerintah kan luar biasa besar buat atlet-atlet, dan ini jadi bekal kami setelah pensiun nanti,” harap Fajar.

Baca juga: Menpora Bantah Anggaran Jadi Alasan Bali Batal Gelar World Beach Games

Hasil UFC 302- Kuncian Islam Makhachev Hancurkan Dustin Poirier

Islam Makhachev vs Dustin Poirier tersaji dalam duet utama UFC 302. Islam menang di ronde kelima lewat kuncian d’arce choke yang menyerang leher Poirier!

UFC 302 digelar di Prudential Center, New Jersey, AS pada Minggu (2/6) pagi WIB. Duel utamanya adalah pertaruhan sabuk juara kelas ringan UFC yakni Islam Makhachev vs Dustin Poirier. Islam sebagai pemegang sabuk dan Poirier sebagai penantang.

Baca juga: UFC 302: Head to Head Islam Makhachev Vs Dustin Poirier

Duel dimulai, Islam Makhachev memulai dengan baik. Islam melepas pukulan kombinasi 1-2 lalu lakukan takedown.

Dalam duel bawah, Islam memberikan tekanan. Islam coba lakukan Kimura, Dustin Poirier mampu bertahan. Islam kemudian bergerak ke belakang untuk coba lakukan kuncian leher, lagi-lagi Poirier bisa bertahan dan lepas serangan balik yang membuat area mata kiri Islam memar.

Lanjut ronde kedua, Dustin Poirier mampu dua kali lolos dari serangan Islam Makhachev yang mau menyantap kakinya. Pertarungan atas berlanjut, Poirier dua kali sukses lepaskan uppercut dan pukulan ke badan saat clinch, sementara Islam turut bisa menekan lewat pukulan kombinasinya. Islam sukses lakukan takedown di 13 detik akhir.

Lanjut ronde ketiga, serangan kombinasi Islam Makhachev masuk termasuk tendangan lututnya. Islam kemudian menekan ke jaring dan punya posisi menguntungkan untuk lakukan kuncian, tapi Dustin Poirier masih bisa bertahan.

Islam lantas lancarkan serangan di bawah. Poirier lantas bisa bangkit dan balas menekan.

Baca juga: Ilia Topuria: Kemarin Colek McGregor, Sekarang Tantang Islam

Lanjut ronde keempat, Islam mendominasi dalam pertarungan atas dengan pukulan lurus dan hook. Barulah di pertengahan ronde, Islam coba lakukan takedown, yang kembali Dustin Poirier mampu bertahan dan switch, lantas lepas pukulan siku yang membuat dahi Islam robek bercucuran darah.

Lanjut ronde kelima, Islam Makhachev menang! Dirinya lakukan kuncian d’arce choke ke leher yang membuat Poirier menyerah. Islam sukses pertahankan sabuk juaranya!

(aff/aff)